SST... Kawasan Rawan Kecurangan Sudah Diidentifikasi!

5 Maret 2010 Berita Pendidikan


SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menjadi perguruan tinggi sebagai koordinator Ujian Nasional (UN) 2010 tingkat Jawa Tengah telah mengidentifikasi daerah-daerah rawan tindak kecurangan pelaksanaan UN nanti.

Demikian menurut Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Kamis (4/3/2010). Pihak Unnes, kata Sudijono, telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Jateng untuk pengidentifikasian tersebut. Berdasarkan data UN tahun lalu, Jateng termasuk provinsi "putih", yakni daerah yang tingkat kecurangannya termasuk kecil, bersama dengan DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

"Daerah-daerah yang dianggap rawan kecurangan akan diberikan perhatian khusus dalam pengawasan, termasuk kemungkinan penambahan jumlah pengawas yang ditempatkan di sekolah-sekolah di daerah tersebut," ujar Sudijono.

Dia mengatakan, daerah-daerah yang dianggap rawan kecurangan tersebut memang tidak banyak, namun pihaknya tetap mengotimalkan pengawasan.

Penanggung Jawab Pengawasan UN Fathur Rokhman mengatakan hal senada. Fahtur bilang, pihaknya akan mengintensifkan pengawasan di daerah-daerah tersebut.

"Tidak baik jika saya menyebutkan nama daerahnya, namun memang tidak banyak. Yang jelas kami akan memberikan perlakuan khusus untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan," kata Fathur, yang juga Pembantu Rektor (PR) IV Unnes ini.

sumber: kompas.com