Berita Pendidikan
11 Januari 2010

Sosialisasi Um: UGM Terketat di Dunia

Tingkat persaingan masuk fakultas kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dikenal terketat di dunia.
"Ini adalah rahasia perusahaan, tapi patut saya sampaikan. Tingkat persaingan untuk memasuki Fakultas Kedokteran di UGM adalah yang terketat di dunia. Dari 150 bangku yang ada, diperebutkan oleh 15 ribu pendaftar," kata Suryo Baskoro, di Hotel Marcopolo, Bandar Lampung, Minggu (10-1).

Suryo mengatakan hal tersebut di hadapan puluhan siswa, guru, maupun orang tua murid pada sosialisasi ujian masuk (UM) UGM. "Saya bukannya menakut nakuti, tetapi informasi ini semoga dapat dijadikan pertimbangan agar kelak dapat mengambil keputusan dengan bijak jika ingin masuk UGM," kata dia.

Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM ini mengatakan UGM saat ini menempati peringkat 250 pada THE-QS World University Rankings 2009. Peringkat pertama di Indonesia pada Top Webometrics 2009. Penjaminan mutu terbaik ASEAN bersama University Malaya, Hulalongkorn University, NUS.

"Kami memiliki prestasi juara dunia, International Business Strategy Competition, Paris, 2009. Juara dunia, Global Social Venture Competition, California, AS, 2009. Berpartisipasi aktif pada Model of United Nations di Harvard University, United Nations New York, Beijing, Den Haag, hingga di Australia, 2009," kata dia.

Menurut Suryo, jika melihat data THE-QS World University Rankings untuk program studi kedokteran, dari 1 juta lebih universitas yang ada di dunia, FK UGM berada pada peringkat 103, berselisih jauh dengan FK UI yang berposisi di kisaran 138.

"Tahun 2009, jumlah mahasiswa UGM adalah 52.720 yang terdiri atas program S-1 61, program master dan doktor (S-2 dan S-3) 27, serta program diploma 12. Dari jumlah tersebut mahasiswa asal Lampung berjumlah 8 persen dari populasi atau keempat dari 33 provinsi," kata dia. n MG14/S-1

Sumber: Lampungpost.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris