Soal UN Siswa Berkebutuhan Khusus Akan Dibacakan

22 Maret 2010 Berita Pendidikan


Soal-soal Ujian Nasional (UN) untuk siswa berkebutuhan khusus, Minggu (21/3/2010) telah tersedia dan disimpan di tiap-tiap rayon untuk kemudian dibagikan ke sekolah-sekolah besok. Di rayon IX, SMA Negeri 70 Bulungan Jakarta Selatan misalnya, telah tersedia soal untuk lima siswa tuna netra dari 30 sekolah yang dibawahi rayon IX.

"Ada lima orang siswa tuna netra, ada di PGRI 3, sekolah lainnya saya kurang ingat," kata kepala sekolah SMAN 70, Pernon Akbar, selaku ketua rayon IX saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Dikatakan Pernon untuk siswa tuna netra tersebut telah tersedia soal dengan huruf braille dan petugas yang membacakan soal.

Sedangkan untuk siswa yang bermasalah seperti sedang dalam masa skorsing dari sekolah, Pernon mengatakan bahwa siswa yang bersangkutan tetap menjalankan UN seperti siswa lainnya kecuali siswa tersebut tersangkut tindak pidana.

"Karena statusnya masih terdaftar siswa maka tetap dilaksanakan, kalau tindak pidana, tidak boleh, kan langsung dikeluarkan dari sekolah, " katanya.

Namun, menurut Pernon, di rayon IX yang membawahi 30 sekolah di kecamatan Kebayoran dan Cilandak tersebut tidak ada siswa yang tersangkut tindak pidana. Ujian Nasional untuk siswa SMA akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia, Senin (22/3/2010).

Penulis: C12-09/Editor: wah