Berita Pendidikan
23 Maret 2010

Soal Sosiologi Sulit, 20 Siswa SMS Kepala Dinas

Sejumlah siswa SMA jurusan IPS Kabupaten Tanahbumbu mengirimkan pesan singkat atau SMS kepada kepala dinas pendidikan setempat, Senin (22/3/2010). Mereka mengeluhkan soal ujian nasional hari pertama yang sulit dikerjakan, yakni pada mata pelajaran Sosiologi.

"Ada sekitar 20 anak yang hari ini mengirimkan SMS kepada saya, intinya mereka kesulitan mengerjakan Sosiologi. Kalau yang lainnya tidak ada," ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanahbumbu Bakhriansyah yang dihubungi dari Banjarmasin.

Tentu saja, menurut Bakhriansyah, mereka mengirimkan pesan singkat setelah ujian selesai. Sebab, selama mengerjakan soal, para siswa dilarang keras membawa alat komunikasi dengan maksud untuk menghindari hal tidak diinginkan.

Sebelumnya, selama sepekan menjelang UN, menurut Bakhriansyah, ada sekitar 30 siswa lain yang juga gugup menghadapi ujian. Mereka pun mengirimkan pesan singkat, mulai dari menanyakan apakah ada bocoran soal sampai solusi lain untuk memecahkan UN.

"Saya banyak sekali menerima SMS anak-anak, bunyinya Pak tolong dikasih bocorannya. Saya bilang kepada mereka, kalau ada bocoran, saya ditangkap polisi, kamu juga ditangkap polisi. Jadi, dipastikan tidak ada bocoran, kami takut semua. Semua soal diawasi, ada pengawas internal, eksternal, dan polisi di tiap-tiap sekolah," ujar Bakhriansyah.

Bagaimana pesan itu masuk, menurut Bakhriansyah, berawal ketika dirinya berkeliling ke semua sekolah di wilayah Tanahbumbu, sepekan menjelang UN. Selain memantau kesiapan pelaksanaan ujian, Bakhriansyah juga memberikan penjelasan lebih detail tentang seluk-beluk UN.

Saat berkeliling, Bakhriansyah sempat memberikan nomor telepon kepada siswa dan pihak sekolah dengan maksud agar mereka yang masih bingung seputar teknis ujian bisa menanyakan kejelasan kepada dirinya. "Semuanya mencari solusi, minta macam-macam. Namun, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya bilang kepada mereka, tenangkan pikiran sebelum mengerjakan soal," katanya.

Laporan wartawan KOMPAS Defri Werdiono/Editor: Abi

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris