Soal BOS, Dikdas Tunggu Sinyal dari Pusat

9 Desember 2009 Berita Pendidikan


Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait bantuan operasional sekolah atau BOS 2010.

"Saat ini kami masih menunggu keputusan pusat terkait BOS pada 2010 yang dialokasikan dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN)," kata staf Bina Program Dinas Pendidikan Dasar Bantul Bejo Santoso, Selasa (8/12) di Bantul.

Menurutnya, anggaran yang dialokasikan untuk BOS seluruh SD dan SMP se-Bantul berasal dari APBN. Hal itu hingga saat ini belum ada kesepakatan dan anggaran belum ditetapkan. "Belum ada komunikasi, baik dari pemerintah pusat maupun provinsi terkait BOS yang akan digulirkan pada 2010. Besaran juga belum ada pemberitahuan," katanya.

Bejo mengatakan, sambil menunggu keputusan itu, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan teknis hal-hal yang berkaitan dengan penerima BOS pada 2010. "Kami mulai melakukan pendataan siswa tiap sekolah, nomor rekening sekolah, dan jumlah sekolah, apakah mengalami penambahan atau sebaliknya," katanya.

Menurutnya, persiapan teknis tersebut nantinya diharapkan selesai pada pertengahan Desember ini, dan setidaknya sudah dikirimkan ke pemerintah provinsi pada Januari mendatang.

"Paling tidak setelah data dikirimkan, anggaran BOS tersebut sudah ada ketetapan dari APBN melalui pemprov," katanya. Menurut dia, dengan begitu pencairan BOS yang diberikan tiap tiga bulan sekali pada triwulan pertama tersebut mulai didistribusikan pada akhir Februari 2010.

"Kami mengharapkan, anggaran yang dialokasikan untuk BOS SD maupun SMP pada 2010 minimal sama dengan anggaran sebelumnya," katanya.

LTF/Editor: latief

Sumber: Kompas.Com