SNMPTN 2010: Rektor ITS: Jatim Akan Ungguli Jabar

26 Mei 2010 Berita Pendidikan


Tingginya minat pendaftar terhadap perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) online di Jawa Timur sampai saat ini dinilai cukup menggembirakan, meskipun sebetulnya masih akan berubah lagi hingga pendaftaran ditutup pada 31 Mei atau pekan depan.

Namun, seperti biasa pada tahun-tahun sebelumnya pada akhir pendaftaran PTN-PTN di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan (Makassar), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Hasanuddin (Unhas) justru yang paling dominan peminatnya.

Demikian diungkapkan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Priyo Suprobo kepada Kompas.com, Selasa (25/5/2010), terkait catatan statistik berdasarkan data situs SNMPTN online per 23 Mei 2010. Catatan ini menunjukkan, PTN asal Malang, Jawa Timur, mulai dilirik peserta didik dan menjadi pesaing bagi sejumlah PTN ternama di Indonesia.

Sejauh ini, Priyo menganalisis bahwa besar kemungkinan peminat PTN di wilayah Jawa Barat melalui jalur SNMPTN juga kalah dibanding Jawa Timur. "Pertama, karena PTS di Jabar lebih banyak dan sudah membuka pendaftaran jauh sebelum SNMPTN. Belum lagi, PTN lain, seperti UI, UGM, atau yang lainnya, juga sudah membuka pendaftaran," ujar Priyo.

Priyo menambahkan, hal-hal seperti itulah yang saat ini membuat kuota SNMPTN di wilayah barat berkurang ketimbang di Indonesia bagian timur. Priyo yakin, kuota di bagian timur lebih besar untuk khusus SNMPTN.

"Mereka tentu cari aman. Mereka daftar di PTN yang daya tampungnya besar. Fenomena yang saya amati tadi pagi, pendaftar di ITB dan ITS tidak sebesar di universitas. Mungkin mereka tahu kemampuan. Ini juga satu hal yang mesti dipertimbangkan," ujar Priyo.
Penulis: LTF/Editor: latief

Sumber: Kompas.Com