Berita Pendidikan
7 April 2010

SMP Berbasis Ponpes Diluncurkan

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) kemarin meluncurkan program sekolah menengah pertama (SMP) berbasis pesantren.

Direktur Pembinaan SMP Kemendiknas Didik Suhardi menjelaskan, program ini sebenarnya hanya mengubah pondok pesantren (ponpes) yang ada dengan disusupi kurikulum SMP. Proses belajar mengajar, ujarnya, juga diubah menjadi setingkat SMP. Kemendiknas, jelas Didik, rencananya menambah guru dan fasilitas SMP di ponpes yang sudah ditunjuk. Selain itu, Kemendiknas juga menyiapkan bantuan Rp100 juta hingga Rp1 miliar yang akan diberikan sesuai kondisi pesantren. Sinergi antara SMP dan pesantren merupakan jawaban atas perbaikan karakter dan perbaikan moralitas bangsa,tegas Didik saat peluncuran SMP berbasis pesantren di Jakarta kemarin.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Suyanto menjelaskan,SMP berbasis pesantren ini merupakan jawaban atas program wajib belajar 9 tahun.Sebab, sebanyak 200 kabupaten/kota dari 500 daerah di Indonesia, belum menuntaskan program wajib belajar 9 tahun. Jumlahnya pun diperkirakan makin bertambah karena pengaruh pemekaran daerah. Bahkan, pemekaran daerah disinyalir menjadi faktor kuat penurunan Angka Partisipasi Kasar (APK). Karena itu, menurut Suyanto, diperlukan terobosan baru agar program wajib belajar 9 tahun bisa terlaksana. Salah satunya adalah program pengubahan pesantren menjadi SMP. Menurut dia, Kemendiknas sudah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk bekerja sama membangun SMP ini.

Konsekuensinya, alokasi anggaran untuk wajib belajar 9 tahun akan ditambah menjadi Rp14 triliun. Dana tersebut diambilkan dari APBNP 2010. Anggaran itu akan dibagi dua antara Kemendiknas dan Kemenag. Suyanto menyatakan, keunggulan SMP ini, di samping menguasai ilmu-ilmu keagamaan, juga mendapatkan kurikulum pendidikan umum. (neneng zubaidah) Sumber: Seputar-Indonesia.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris