Berita Pendidikan
4 September 2009

SMKN 11 Jakarta Terapkan Pola Belajar Berbasis It

PERKEMBANGAN teknologi semakin canggih, jadi sudah sewajarnya jika semua kegiatan dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penggunaan teknologi. Demikian halnya dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, sudah bukan zamannya lagi guru mengajar di depan kelas dan siswa mendengarkan pelajaran di belakang meja.

Seperti halnya di SMK Negeri 11 Jakarta, saat ini tengah menyiapkan kelas e-learning dan multimedia. Dimana akselerasi pembelajaran tidak bisa hanya diisi dengan cara-cara konvensional. Tapi bisa digunakan dengan cara yang lebih menghemat waktu dan lebih praktis.

SMK Negeri 11 Jakarta yang lokasinya di kawasan bisnis Glodok, Jakarta Barat akan memiliki kelas e-learning dan multimedia. Hal ini dilakukan, mengingat pembelajaran yang tidak didukung oleh model pembelajaran IT akan menyebabkan siswa menjadi bosan belajar, jenuh, dan pastinya ketinggalan zaman.

Oleh sebab itu pada tahun ajaran 2008/2009 ini, SMK Negeri 11 Jakarta akan mensetting kelas reguler sebanyak enam kelas menjadi kelas pembelajaran berbasis IT. Dimana nantinya setiap kelas dilengkapi dengan AC, bangku kuliah, ada LCD/Infocus, kedap suara, dan terintegrasi jaringan internet. Sedangkan untuk para pengajar telah dibekali dengan pelatihan komputer, dengan materi KBM telah tersimpan dalam flashdisk/traveldrive.

Jika sudah berjalan seperti perencanaan semula maka SMK Negeri 11 Jakarta adalah satu-satunya sekolah di Jakarta Barat yang menerapkan pola belajar berbasis IT, jelas Kepala Sekolah Drs Sudiono belum lama ini. Namun untuk mewujudkan itu semua diakui Sudiono dana yang dibutuhkan memang cukup besar, sumber dananya yang 100 persen merupakan bantuan dari pengelolaan Iuran Peserta Duduk Baru (IPDB) tahun pelajaran 2008/2009.

Tapi jika mengingat manfaatnya, tentunya penggunaan IT sangat penting. Dengan adanya IT, siswa dapat mengenal lebih jauh teknologi informatika dan komunikasi, kemudian penggunaan IT juga akan memberi guru pada cara pandang dan cara ajar yang baru.

Konsep pembelajaran dengan menggunakan IT tentunya lebih efektif, menyenangkan, dan menggairahkan; dan terakhir membayar kepercayaan penuh kepada orangtua/wali murid atas amanahnya menitipkan anaknya di SMK Negeri 11 Jakarta yang berlokasi di Jalan Pinangsia I/20 Tamansari, Jakarta Barat.
SMK Negeri 11 Jakarta adalah SMK kelompok bisnis dan manajemen, yang membuka jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Penjualan. Untuk tahun pelajaran 2009/2010 SMK Negeri 11 Jakarta menerima 263 peserta didik dari total enam kelas yang terdiri dari 80 peserta didik per program keahlian baik akuntansi, perkantoran, dan penjualan.

Sedangkan jumlah guru sebanyak 42 orang dengan pegawai TU 12 dan jumlah ruang kelas sebanyak 18 kelas. Program studi yang dibuka yaitu akutansi, administrasi perkantoran, dan penjualan.
Adapun visi SMK Negeri 11 Jakarta yaitu unggul dan bermutu dalam bidang akutansi, administrasi perkantoran, dan penjualan berdasarkan iman dan taqwa kepada Tuhan YME.
Sedangkan misinya yaitu mendidik dan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang berkualitas dan profesional, yang diharapkan dapat berperan sebagai faktor unggulan industri Indonesia agar mengikuti perkembangan zaman.

Kedua yaitu terciptanya outcome dari masing-masing program keahlian yang siap kerja dan melanjutkan ke perguruan tinggi, serta meningkatkan mutu manajemen berbasis sekolah dan memanfaatkan sekolah sebagai pusat budaya. Sekaligus meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan sekolah dan memiliki etika yang religius, luhur, dan berkepribadian.(mth)

Sumber: Harian Umum Pelita (pelita.or.id)

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris