Siswa SMPN 3 Jember Sabet 4 Medali

18 Februari 2018 Berita Pendidikan


Usia muda bukan menjadi halangan untuk berprestasi, bahkan bersaing dengan yang lebih senior. Itulah yang dilakukan oleh atlet panahan muda spesialis kelas compound asal Jember, Agung Ramadhan Putra Nagara. Pelajar SMPN 3 Jember itu meraih 4 medali dalam kejuaraan Bupati Kebumen Open II Archery Tournament 2018 yang digelar di Kebumen, Jawa Tengah.

Wakil Ketua Perpani Cabang Jember, Riki Suhermanto menuturkan; di Kebumen, Agung bisa meraih 3 medali emas dan 1 medali perak. Kontribusinya cukup signifikan, sehingga Jember total meraih 14 medali. Lawan-lawannya cukup berat, karena ini turnamen nasional yang cukup bergengsi. Salah satu medali emas diperoleh Agung dari kelas Tunggal Compound jarak 30 meter. Di kelas tersebut, Agung menjadi top skor dengan total poin 352. Selain itu, bersama dua rekannya, Faiq dan Fadil, Agung juga meraih medali emas di kelas Compound beregu jarak 30 meter. Di kelas beregu ini, nilainya masing-masing adalah Agung 352, Fadil 348 poin dan Faiq 340 poin.

Medali emas juga diraih Agung di kelas Compound jarak 50 meter. Adapun di kelas Aduan, Agung harus puas dengan medali Perak setelah dikalahkan oleh jawara dari Kota Malang. Awalnya sempat kecewa karena gagal dapat emas di kelas Aduan. Masalah teknis saja. Tapi terobati karena dapat emas di Compound jarak 50 meter. Ini kelas yang cukup bergengsi karena diikuti juga oleh banyak atlet dari Marinir TNI-AL.

Bupati Kebumen Open II Archery Tournament 2018 digelar di destinasi sejarah di Kebumen, yakni Benteng Van der Wijck Gombong. Turnamen tersebut diikuti sedikitnya 300 atlet dari tujuh provinsi di Indonesia, termasuk dari personel militer. Selain dari Jakarta, pesaing terberat kita kemarin adalah dari Marinir TNI-AL. Karena di beberapa kelas, Agung ikut kelompok umum, sehingga harus bersaing dengan banyak atlet panahan yang lebih senior, termasuk dari militer. Beruntung, dia bisa mengalahkan mereka.

Usai dari Kebumen, Agung selanjutnya akan bersiap di kejuaraan Piala Unibraw Malang. Berbeda dengan Kebumen yang dilakukan di lapangan terbuka (outdoor), Piala Unibraw Malang rencananya akan digelar di dalam stadion (indoor). Kalau indoor, ini sulitnya papan targetnya lebih kecil. Targetnya hanya sebesar jempol dengan jarak 18 meter. Serangkaian persiapan telah dilakoni Agung untuk mempertahankan prestasinya. Kita masih tetap pakai pelatih sebelumnya, yakni Bonavita Budi Wijayanta dari Banyuwangi. Dia adalah pelatih panahan lulusan dari Amerika Serikat yang banyak melahirkan atlet panahan di Satlak Prima untuk Sea Games.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)