Berita Pendidikan
11 Mei 2011

Siswa SMP Dilarang Naik Motor ke Sekolah

SOLO - Siswa SMP di Kota Solo dilarang menggunakan sepeda motor saat datang ke sekolah. Larangan ini akan efektif diterapkan di semua sekolah mulai tahun ajaran baru 2011/2012.

"Akan dibuat Perwali untuk mengaturnya. Siswa SMP dilarang menggunakan sepeda motor karena usia mereka sebenarnya belum mencukupi untuk mendapatkan SIM (Surat Ijin Mengemudi)," kata Wakil Wali Kota Surakarta, Hadi Rudyatmo, saat melakukan koordinasi pengumuman dan antisipasi pasca pengumuman hasil Ujian Nasional (UN), di SMAN 1 Surakarta, Senin (9/5).

Rudy menjelaskan adanya larangan menggunakan sepeda motor bukan bermaksud untuk memberatkan siswa datang ke sekolah. Larangan tersebut dibuat dengan dua pertimbangan, yakni mengajarkan anak patuh hukum. Usia siswa SMP belum mencukupi untuk mendapatkan SIM dari kepolisian. Selain itu, larangan ini juga untuk mengingatkan orang tua agar tidak mengajarkan anak untuk memanipulasi usia. Pasalnya, sering kali usia anak masih dibawah 17 tahun, namun untuk mendapatkan SIM maka usia dituakan.

Sementara untuk sanksi bagi siswa yang melanggar, dirinya mengatakan sesuai dengan aturan lalu lintas. Setiap pengendara yang tidak memiliki SIM akan kena tilang oleh pihak berwajib.

Sumber: suaramerdeka.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris