Siswa SMA Kampanyekan Gemas

3 Februari 2013 Berita Pendidikan


Mengawali tahun 2013 ada beberapa siswa SMA melakukan kegiatan yang bermanfaat sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mereka melakukan kampanye Gerakan Mengelola Sampah (GEMAS). Kegiatan yang mereka lakukan adalah pendaur-ulangan sampah untuk dijadikan majalah dinding (mading).

Diantara sekolah yang berpartisipasi adalah sekolah Santo Bellarminus Jakarta. Murid-murid disekolah ini menampilkan artikel-artikel tentang bank sampah yang dikutip dari media massa di majalah dinding dengan bahan kertas daur ulang dan karton bekas. Proses pembuatannya sekitar seminggu.

Di SMA Regina Pacis Jakarta, kegiatan GEMAS yang dilakukan meliputi membersihkan sekolah, menanam pohon pucuk merah, membuat biopori, dan membawa bibit tanaman ke sekolah. Murid - murid di sekolah ini juga menyusun majalah dinding GEMAS bertema "Miredo" yang berarti sampah bukan barang akhir tapi barang awal bagi kehidupan.


Pembuatan mading memakan waktu sekitar sepekan dengan memanfaatkan botol plastik, karton, kardus bekas, dan ranting-ranting pohon untuk menyusun majalah dinding berukuran 2,5 x 1,7 meter.

Sedangkan di sekolah SMA Negeri 12 Jakarta menggunakan barang daur ulang seperti kertas, sedotan plastik, pelepah daun pisang, dan koran bekas di mading mereka yang berukuran 2 meter x 1,8 meter itu.


Para murid di SMA Negeri 12 Jakarta ini bahkan telah melakukan pengumpulan botol plastik bekas dari bulan Oktober lalu. Bahkan botol plastik tersebut dijual untuk mendapat dana kegiatan pentas seni.

Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan imajinasi, ilmu pengetahuan, kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial para murid. Selain itu tentunya dengan mendaur ulang sampah yang tidak terpakai akan mengurangi penumpukan sampah. Mari kita galakkan terus kampanye GEMAS ini , bukan hanya di lingkungan sekolah saja tapi juga di masyarakat.

(Dikutip dari berbagai sumber)