Berita Pendidikan
30 Oktober 2009

Siswa Berprestasi: Peraih Nilai Tertinggi UN Dapat Penghargaan

Tiga puluh enam siswa yang memiliki nilai tertinggi saat mengikuti ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) dan ujian nasional (UN) di Kabupaten Lampung Barat akan mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.
Pemerintah juga akan memberikan bantuan uang kepada siswa yang berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur khusus/tanpa tes.

Kabid Pendidikan Menengah dan Nonformal Dinas Pendidikan Lampung Barat, Ronggur S., mendampingi Kadis Pendidikan, Nukman, menjelaskan ke-36 siswa dari tingkat SD-SMA yang memiliki nilai UASBN dan UN tertinggi itu terdiri dari 3 siswa SD, 3 siswa MI, 3 siswa SMP, dan 3 siswa MTs.

Sisanya siswa SMA, MA, dan SMK sebanyak 2 orang.

Bantuan untuk siswa yang masuk PTN tanpa tes Rp1 juta/orang. Bantuan itu diberikan untuk membantu daftar ulang bagi siswa yang masuk ke PTN.

Bantuan tersebut rencananya diserahkan Bupati Mukhlis Basri pekan depan. Bantuan diberikan kepada para siswa sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pemerintah kepada para siswa agar ke depan lebih giat lagi dalam belajar.

Siswa SD yang mendapat nilai tertinggi berasal dari SDN 1 Pasar Krui, SDN 1 Sekincau, dan SDN 1 Sukapura (Sumberjaya). Kemudian MI Miftahul Huda. Sedangkan untuk SMP berasal dari SMPN 1 Sumberjaya dan MTs Mardofillah Biha.

Sementara siswa setingkat SMA yang mendapat nilai tertinggi berasal dari SMAN 1 Liwa 3 orang dari jurusan IPA.

Kemudian siswa dari Pesisir Tengah 3 orang dari jurusan IPS. Kemudian MAN Krui jurusan IPA 3 orang.

Siswa MA Yafsi Sumberjaya jurusan IPS-Bahasa 3 orang. Siswa SMKN 1 Sumberjaya 9 orang terdiri dari kelompok program studi rekayasa dan teknologi informasi komputer (TIK), kelompok program studi agrobisnis dan agroteknologi serta kelompok program studi bisnis manajemen masing-masing 3 orang.

Selain itu, nilai tertinggi lainnya juga diraih siswa dari SMKN 1 Liwa sebanyak 3 orang dari kelompok program studi seni dan kerajinan pariwisata. Dari 24 siswa yang mendapat nilai tertinggi pada pelaksanaan UN tahun ajaran 2008/2009 itu, 4 di antaranya berhasil masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes bersama 129 siswa lainnya. Total siswa asal Lampung Barat yang diterima masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur penelusuran minat kemampuan akademik dan bakat (PMKAB) dan jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jenjang sarjana menjadi 133 orang. n ELI/S-2

Sumber: Lampungpost.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris