Siswa Berau Numpang Truk Perusahaan untuk ke Sekolah

3 Oktober 2016 Berita Pendidikan


Calon penerus bangsa di Kampung Batu Putih, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau harus menumpang truk perusahaan untuk mengejar ilmu. Hanya dengan cara tersebut, mereka bisa terus bertahan menempuh pendidikannya.

Padahal pemerintah sudah memberikan banyak keringanan untuk seluruh anak Indonesia dari kalangan keluarga tidak mampu. Namun bantuan tersebut bisa tidak berguna bagi anak Kampung Batu Putih jika tidak ada bantuan untuk mengakses sekolah yang jaraknya sangat jauh. Untungnya, salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di Batu Putih menyediakan angkutan truk khusus untuk mengangkut anak - anak sekolah.

Gloria, siswi kelas VIII SMP 19 Berau yang tinggal di sekitar kawasan perkebunan kelapa sawit di Kampung Batu Putih mengaku tidak akan bisa sampai ke sekolah apabila perusahaan tidak menyediakan truk sebagai angkutan.

Ia mengatakan jika tidak ada truk dari perusahaan kelapa sawit, bisa jadi para pelajar di tempat tinggalnya putus sekolah. Sebab belum ada SD, SMP, dan SMA di tempatnya.

Anak - anak Kampung Batu Putih harus berangkat lebih pagi agar tidak ketinggalan angkutan yang berangkat pukul 6.00 WITA. Belum lagi mereka harus berdesak - desakan di dalam truk.

Namun mereka tidak pernah mengeluh. Sebab, hanya dengan cara itu, mereka bisa terus bertahan melanjutkan pendidikannya, walau tinggal di perkampungan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)