Sinergi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Dapat Atasi Permasalahan Pendidikan dan Kebudayaan

6 Mei 2019 Berita Pendidikan


Pendidikan merupakan salah satu pondasi utama dalam upaya menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara maju. Setiap tahun, kita memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati pada tanggal 2 Mei. Pada tahun 2019 ini, Hardiknas diperingati dengan penuh semangat di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jambi sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan seluruh UPT Kemendikbud yang ada di Jambi, menyelenggarakan Pekan Gebyar Hardiknas dengan tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Kegiatan ini berlangsung pada 25 hingga 29 April 2019, di Kota Jambi.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Sesbalitbang) Kemendikbud, Dadang Sudiyarto, dalam sambutannya saat membuka Pekan Gebyar Hardiknas Provinsi Jambi, menyampaikan bahwa permasalahan pendidikan di daerah tidak dapat diselesaikan tanpa sinergisme antara pemerintah daerah dengan UPT Kemendikbud yang ada di daerah. Jika tidak bisa dilakukan bersama antara dinas dan UPT, maka akan sulit untuk memotret permasalahan pendidikan di daerah dan penyelesaian kedepannya. Kita bisa memupuk sinergisme antar unit yang sama-sama bergerak di bidang peningkatan mutu pendidikan.


Apa yang disampaikan Dadang, diamini oleh Gubernur Jambi, Fachrori. Menurutnya, diperlukan peningkatan sinergisme untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan. Tingkatkan sinergisme antar bidang, mulai dari sekolah hingga pegawai di pendidikan dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan, terlebih untuk bisa mewujudkan Jambi yang lebih tertib, unggul, dan nyaman. Selain dihadiri para pejabat dilingkungan pemerintah Provinsi Jambi, turut hadir dalam acara ini para pejabat UPT Kemendikbud di Provinsi Jambi, guru, siswa, kepala sekolah, penggiat pendidikan dan masyarakat umum.

Perhelatan Pekan Gebyar Hardiknas Provinsi Jambi menampilkan berbagai seni dan budaya Provinsi Jambi, diantaranya, permainan alat musik tradisional gambangan dan tari Senandung Batang Hari.
Selain itu, juga diselenggarakan bazar dan pameran di LPMP Jambi, yang diikuti oleh 22 usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah Jambi, tiga sekolah model, perwakilan Rumah Belajar, Balai Bahasa yang menampilkan buku dongeng dari seluruh Indonesia, Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Jambi yang menampilkan atraksi bermain dengan hewan, dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kemendikbud. Berbagai kompetisi dan perlombaan juga diselenggarakan untuk memeriahkan acara ini, dengan peserta terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai UPT, maupun umum.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kemdikbud.go.id)