Simulasi Unbk, Kebanyakan Siswa Kurang Teliti Tulis Pasword

16 November 2017 Berita Pendidikan


Simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/MA dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serentak digelar mulai kemarin. Uji coba ini, digelar Senin (13/11) hingga Rabu (15/11). Saat uji coba kali pertama kemarin, beberapa siswa ada yang menemui kendala. Di antaranya komputer yang tak konek ke server pusat. Namun, yang paling banyak kendala, justru kekurang telitian siswa saat memasukkan kode password. Jadi, mereka tak bisa login.

Waka Kesiswaan SMAN 2 Bae Ananstasia mengungkapkan; Seperti yang dialami siswa SMAN 2 Bae. Para siswa masih terlihat gugup. Koneksi internet dua komputer ke server pusat juga sempat putus. Ternyata mental siswa menghadapi ujian belum stabil. Dia menjelaskan, proses masuk dari buka password terkadang mengalami loading yang lama. Jadi, para siswa resah. Beberapa siswa juga kurang teliti saat memasukkan kode password. Jadi harus mengulang.

Ananstasia menuturkan, secara proses keseluruhan berjalan lancar. Simulasi pertama memang untuk pengecekan, mana saja yang kurang sehingga menjadi bahan evaluasi pemerintah pusat. Selain itu, adaptasi siswa saat melakukan UNBK juga masih butuh penyesuaian. Meski simulasi, tapi kami imbau kepada siswa supaya serius mengerjakan. SMAN 2 Bae menyediakan 120 komputer dalam tiga ruang. Masing-masing ruang diisi 40 unit komputer plus dua komputer cadangan. Dengan jumlah 333 siswa, ujian dibagi menjadi tiga sesi. Jadi, selesainya hingga pukul 16.00.

Di sekolah lain, seperti MA Salafiyah Ahmad Said, Mejobo, pelaksanaan simulasi hari pertama UNBK berjalan lancar. Kepala sekolah Safuan mengatakan, jumlah siswa tahun ini yang ikut ujian nasional (unas) ada 48 siswa. Pihak sekolah menggunakan dua ruang.

Sementara itu, jadwal hari pertama (13/11) pelaksanaan simulasi UNBK diisi dua mata pelajaran (mapel), bahasa Indonesia dan matematika. Sedangkan hari kedua hari ini (14/11) jurusan IPA, mapel yang diujikan bahasa Inggris dan fisika, sedangkan jurusan IPS mapel bahasa Inggris dan geografi. Simulasi hari terakhir, Rabu (15/11) yang diiujikan pada jurusan IPA mapel kimia dan biologi, sedangkan IPS mapel ekonomi dan sosial.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)