Seribu Polisi Kawal Soal Ujian Nasional di Jawa Barat

19 Maret 2010 Berita Pendidikan


Kepolisian Daerah Jawa Barat akan mengerahkan 1.000 lebih personilnya untuk mengawal penyebaran soal ujian nasional ke panitia daerah. Tugas pengawalan itu akan dimulai Jumat (19/3) siang.

Menurut petugas Polda Jawa Barat Komisaris Polisi I Ketut Putra, aparat yang dikerahkan mengawal berjenjang dari kepolisian sektor hingga resor. Tugas itu dimulai saat keluarnya soal dari percetakan hingga sampai di panitia sub rayon ujian nasional. "Setiap mobil dikawal 2 orang petugas," katanya seusai menyaksikan bersama video conference kesiapan Ujian Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Kamis (17/3).

Petugas dari Polsek atau Polres setempat selanjutnya menjaga soal ujian di sekolah. Pengamanan itu, katanya, melibatkan tak kurang dari 1.000 personil.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat M. Wahyudin Zarkasi mengatakan, soal ujian nasional SMA, SMK, dan madrasah sederajat, mulai dikirim Jumat (19/3) siang. Tujuannya ke 22 kota dan kabupaten, sedangkan 4 daerah lainnya dikirim Sabtu lusa.

Alasannya, jarak ke-4 wilayah yaitu Kota dan Kabupaten Bandung, Cimahi, serta Kabupaten Bandung Barat, terhitung dekat dari percetakan."Hari Minggu semua soal sudah siap di tempat (panitia ujian)," katanya.

Dari catatan panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Jawa Barat, jumlah peserta ujian dari siswa SMA dan Madrasah Aliyah sebanyak 207.502 orang, dan SMK mencapai 146.493 pelajar. Jumlah pelajar sekolah kejuruan tahun ini melonjak dibanding peserta ujian pada 2009 sebanyak 117.442 siswa.

ANWAR SISWADI

Sumber: Tempointeraktif.Com