Seperti Apa Budaya Ngekos di Belanda?

24 Januari 2011 Berita Pendidikan


Seperti apa kira-kira belajar dan tinggal di Belanda? Bagaimana budaya "ngekos" atau tinggal di asrama kampus di negeri Kincir Angin tersebut?

Belanda tidak memiliki tradisi akomodasi di kampus. Sebagian besar siswa tinggal di atau dekat kota universitas mereka. Normalnya, beberapa siswa memilih untuk tinggal di rumah dengan orangtua mereka, sementara yang lainnya menemukan akomodasi di kamar khusus untuk mahasiswa dan bisa dijadikan rumah yang ditinggali bersama, dengan siswa lain atau sebagai pemondok dengan keluarga.

Jangan menyesal
Ada banyak pilihan untuk mengatur akomodasi yang cocok untuk anda yang terbaik, tapi pastikan Anda mulai mencari akomodasi secepat mungkin. Hanya saja, mencari akomodasi yang baik dan terjangkau dapat menjadi "masalah" di Belanda.

Hampir semua kota universitas mengalami kekurangan akomodasi. Banyak siswa Belanda sulit menemukan akomodasi yang sesuai di dekat kampusnya. Untuk itu, jika Anda mengambil bagian dalam program pertukaran atau terdaftar di program studi internasional, sangat mungkin bahwa sebuah kamar akan diatur untuk Anda dan harus segera menerimanya atau akan menyesal nanti. Silahkan periksa sebelumnya situasi akomodasi di universitas Anda.

Tinggal bersama?
Di Belanda, mahasiswa biasanya memiliki kamar sendiri. Namun, hal itu tergantung pada rumah tempat Anda tinggal dan Anda mungkin harus berbagi kamar mandi, toilet, dapur dan ruang tamu dengan siswa lain.

Di Belanda, adalah hal yang umum bagi pria dan perempuan untuk tinggal bersama dalam satu rumah. Jika ini merupakan masalah bagi Anda, Anda harus menginformasikan hal ini secepat mungkin.

Mengingat kekurangan akomodasi yang baik, Anda mungkin menemukan ruangan Anda ditawari agak kecil dan di bawah standar dari yang diharapkan. Biasanya, ada sedikit yang bisa dilakukan tentang hal ini, karena kebanyakan lembaga cukup puas jika mereka dapat menemukan akomodasi di semua untuk semua siswa mereka.

Sewa dan tagihan
Akomodasi juga bisa mahal, terutama di kota-kota besar. Untuk itu, cari tahu sebelumnya biaya sebuah kamar. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan biaya tambahan seperti deposito dan tagihan lain (gas, air, dan listrik). Khusus yang terakhir itu tidak selalu termasuk dalam sewa.

Memang, sebagian besar kontrak sewa dijalankan selama sedikitnya enam bulan atau satu tahun bila Anda terdaftar pada program kursus. Pertimbangkan hal-hal ini terlebih dahulu untuk menghindari kejutan-kejutan yang tidak menyenangkan nanti.

Namun, jangan khawatir tentang cara mencari informasi termudah dalam urusan akomodasi di Belanda. Situs Studychoice.nl bisa dijadikan referensi untuk membantu memberikan informasi tentang biaya rata-rata sewa kamar di kota-kota pelajar. Juga, situs ini akan memberikan informasi tentang kualitas di kota mana Anda akan menempuh studi dan tinggal.

Berperabot atau tidak?

Sebaiknya, cari tahu apakah ruangannya dilengkapi dengan perabotan atau tidak. Kualitas bisa sangat bervariasi, dan perabot dapat berkisar dari hanya satu tempat tidur dan kursi untuk sebuah ruangan lengkap dengan koneksi internet.

Namun, jika Anda memutuskan untuk menyewa kamar tanpa perabotan, Anda dapat membeli perabotan murah di toko bekas di kota Anda. Siap?

Sumber: kompas.com