Sepak Bola Jadi Sarana Tanamkan Pendidikan Karakter

6 Juni 2018 Berita Pendidikan


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beberapa tahun terakhir menggalakkan penguatan pendidikan karakter (PPK) di sekolah. Banyak kegiatan yang mendukung program itu. Salah satunya adalah event sepak bola antarsekolah bertajuk Gala Siswa Indonesia (GSI). Event ini diikuti oleh 10.761 unit sekolah jenjang SMP/sederajat. Masing-masing tim terdiri dari 18 orang siswa. Pertandingan GSI sudah mulai bergulir 14 Mei lalu. Pertandingan bakal dilanjutkan kembali pada 30 Juni nanti. Secara keseluruhan ada 3.718 pertandingan tingkat kecamatan dan 443 pertandingan tingkat kabupaten/kota.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan; melalui sepak bola, anak-anak belajar sportivitas dan kejujuran. Event GSI digelar tidak hanya mencari bibit andal pemain sepak bola masa depan Indonesia. Melaikan juga menjadi salah satu media penanaman karakter kepada siswa.

Kepada seluruh peserta GSI, Muhadjir menyampaikan selamat bertanding. Mengejar prestasi setinggi-tingginya dengan tetap menjaga sportivitas serta kejujuran. Guna menyukseskan GSI, Kemendikbud menggandeng sejumlah pihak. Seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Selain kerja sama teknis pertandingan, mereka juga digandeng untuk melatih guru olahraga. Kemendikbud juga bekerjasama dengan pemerintah Jerman melalui Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zisammenarbeit (ZIS). Kerja sama tersebut meliputi pelatihan guru olahraga untuk mendukung pendidikan karakter.

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyampaikan apresiasi atas digelarnya event GSI. Dia mengatakan event seperti ini membuat pembinaan sepak bola menjadi lebih terstruktur melalui lingkungan sekolah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbaagai sumber)