Sensor Anti Rokok Buatan Siswa SMK Hadir di Pekan Produk Daerah Kreatif 2014

10 November 2014 Berita Pendidikan


Berita membanggakan kembali hadir dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Kali ini siswa SMKN 34 Jakarta, melakukan terobosan dengan menciptakan sensor anti rokok yang dipamerkan pada acara Pekan Produk Daerah Kreatif (PPKD) 2014 di Jakarta.

Sensor tersebut diciptakan untuk mengurangi tindakan serta kontrol terhadap perokok yang merokok di kamar mandi yang kerap terjadi di sekolah.

"Alat ini ditempatkan di kamar mandi sekolah, kalau ada siswa yang merokok bisa ketahuan, nanti sensornya berbunyi dan menyemprotkan air ke dalam kamar mandi itu," ujar Syaifullah, pengajar dari SMKN 34.

Syaifullah menambahkan, diharapkan dengan adanya alat ini, akan timbul efek jera bagi pelaku dan tindak pelanggaran di sekolah pun semakin berkurang.

Tidak cukup sampai disitu, selain menciptakan sensor-anti rokok di sekolah, para siswa yang merupakan anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) ini juga sedang mengembangkan sensor palang kereta otomatis.

Acara pekan produktif yang digelar selama 4 hari tersebut mellibatkan sebanyak 250 peserta Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari 15 sektor industri kreatif di Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Haris Pindratno menjelaskan, dalam acara tersebut bidangnya bermacam-macam dari IT,fashion, kerajinan tangan hingga kuliner. Dan jumlah pengunjung selalu meningkat setiap tahunnya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)