Sembilan Juta Orang Setiap Tahun Terkena Tuberculosis

20 Oktober 2009 Berita Pendidikan


MAKASSAR-Sekitar sembilan juta orang setiap tahun terkena penyakit Tuberculosis (Tb), dua juta orang diantaranya meninggal dunia.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena mikrobakterium Tb yang sangat kompleks itu, menyerang jutaan orang tanpa membedakan usia," kata Direktur Utama PT Novartis Indonesia Roger Polman disela-sela simposium TB dan Dengue internasional di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan Novartis dengan sejumlah mitranya di dunia diketahui dari populasi penderita Tb tersebut sebanyak 343 anak berusia dibawah 12 tahun. "Lokasi penderita Tb umumnya adalah negara yang sedang berkembang dan negara miskin," katanya.

Sementara itu, peneliti dari Novartis-Eijkman-Hansanuddin-Clinical Research Initiative (NEHCRI) Dr Nasrum Massi mengatakan, berdasarkan penelitian organisasi kesehatan dunia (WHO) diketahui bahwa Indonesia berada pada posisi ketiga setelah India dan China yang memiliki penderita Tb terbanyak.

Khusus di Kota Makassar, lanjutnya, pada periode 2008 tercatat sekitar 1.900 orang penderita Tb dan baru 1.600 orang diantaranya yang terjangkau dengan penanganan Directly Observed Treatments Short-course (DOTS).

Selama ini, kata dia, penanganan penderita Tb di rumah sakit dan klinik hanya mengandalkan hasil analisis, diagnostik dan penelitian mikrobakterium Tb melalui mikroskopik saja, bukan melalui penelitian kultur.

Karena itu, Nasrum mengungkap, keberadaan NEHCRI yang didukung dengan laboratorium yang canggih, selain meneliti penyebab penyakit Tb, juga meneliti resistensi obat terhadap seorang penderita Tb. ant/pur

Sumber: Republika Online