Seluruh Sekolah di Bandung Harus Menerima Siswa Difabel

3 November 2015 Berita Pendidikan


Demi mewujudkan Kota Bandung menuju Kota Pendidikan Inklusi, pemerintah Kota Bandung memberlakukan semua sekolah, baik negeri maupun swasta, agar tidak menolak calon siswa yang berkebutuhan khusus (AKB).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan aturan tersebut akan diberlakukan mulai tahun ini. Ia menambahkan tidak ada alasan untuk menolak AKB. Sekolah bisa belajar dengan sekolah - sekolah lain yang sudah terbuka untuk AKB terkait tata cara pengajaran.

Jika masih ada sekolah yang menolak AKB, tambah walikota yang akrab disapa Emil tersebut, akan dikenakan sanksi oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung.

"Pada dasarnya manusia yang lahir di dunia ini berbeda dan punya keunikan. Jangan sampai perbedaan keunikan yang tidak standar didiskriminasi oleh pendidikan yang tidak memungkinkan. Tidak ada lagi anak yang tidak sekolah di Kota bandung. Saya juga menitipkan anak-anak jalanan yang secara ekonomi tidak bersekolah untuk masuk dalam program ini," tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan sudah cukup banyak sekolah di Bandung yang menerima siswa AKB, yakni 31 SD, 9 SMP dan 3 SMA dan 3 SMK.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)