Selamat Hari Guru Internasional!

5 Oktober 2015 Berita Pendidikan


Bagi para murid-murid di Indonesia, mungkin banyak yang belum tahu ada perayaan apa pada hari ini. Hari ini adalah peringatan Hari Guru Sedunia atau Hari Guru Internasional. Ya, setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994 ratusan negara turut memberikan dukungan kepada guru di seluruh dunia.

Ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, setiap tahunnya tanggal 5 Oktober diperingati sebagai momentum pentingnya peran serta guru dalam membangun generasi muda untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Lebih lanjut UNESCO menekankan bahwa Hari Guru Internasional bukan hanya sekedar seremoni tetapi mewakili kepedulian dan apresiasi akan peran guru yang vital dalam mencerdaskan murid-murid dengan mengajarkan ilmu pengetahuan dan juga budi pekerti.

Pada tahun ini Hari Guru Internasional mengangkat tema Empowering Teachers, Building Sustainable Societies" atau "Pemberdayaan Guru untuk Membangun Masyarakat Berkelanjutan".

Tema tahun ini menggambarkan peran guru yang tidak hanya dalam proses pembelajaran saja namun bagaimana guru juga harus dapat membantu siswa dalam menumbuhkan karakter yang cerdas. Selain itu guru juga dihadapkan pada tantangan dengan jumlah guru yang minim dan rendahnya kualitas pengajaran sehingga masih banyak yang harus dibenahi.

Federasi yang mewakili pengajaran profesional di seluruh dunia Education International (EI) , meyakini bahwa Hari Guru Internasional harus dikenal dan dirayakan oleh seluruh dunia. Sekitar 400 anggota EI turut memberikan kontribusi dan melakukan kampanye untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kontribusi pengajar untuk membimbing para generasi muda sehingga dapat membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Selamat Hari Guru Internasional!