Selamat, DKI Juara Umum Olimpiade Sains!

10 Agustus 2010 Berita Pendidikan


MEDAN - Kontingan DKI Jakarta merebut gelar juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) IX dengan perolehan 20 medali emas, 29 perak, serta 41 perunggu. Pelaksanaan OSN yang digelar di sembilan lokasi di Medan, Sumatera Utara, sejak Senin (2/8/2010) itu ditutup pada Jumat (6/8/2010) sore tadi.

Adapun juara kedua diraih Provinsi Jawa Tengah yang meraih 14 medali emas, 39 perak, dan 32 perunggu, sedangkan Provinsi Banten berada di posisi ketiga dengan perolehan 9 emas, 15 perak, dan 7 perunggu. Sementara itu, Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing menduduki juara keempat dan kelima. Jawa Barat meraih 8 emas, 11 perak, dan 11 perunggu, sedangkan Jawa Timur mendapatkan 6 emas, 15 perak, serta 35 perunggu.

"Kami tentu sangat gembira melihat pelaksanaan OSN berjalan lancar. Kami berharap penyelenggaraannya hingga di tahun-tahun mendatang menjadi wujud nyata mendulang prestasi anak-anak kita," kata Koordinator OSN IX-2010, Suharlan, kepada Kompas.com, Jumat (6/8/2010).

OSN tahun ini diikuti 1.565 peserta dari seluruh Indonesia. Peserta OSN terdiri dari berbagai tingkatan pendidikan antara lain sekolah luar biasa (SLB), siswa sekolah dasar (SD), siswa sekolah menengah pertama (SMP), dan siswa sekolah menengah umum (SMU), untuk berkompetisi di bidang fisika, kimia, matematika, biologi astronomi dan ekonomi, serta ilmu-ilmu kebumian.

Suharlan, yang juga Kepala Seksi Bakat dan Prestasi Siswa SMA Kemendiknas RI ini, mengungkapkan, dari delapan bidang studi yang dilombakan tersebut diharapkan peningkatan prestasi bisa tercapai, terutama di bidang kebumian. Hal tersebut, kata dia, karena berhubungan erat dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah International Earth Science Olympiad 2010 di Yogyakarta.

Sumber: edukasi.kompas.com