Selama Ramadhan, Jam Belajar Dikurangi 40 Menit

6 Agustus 2010 Berita Pendidikan


SURABAYA - Selama Ramadhan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur akan kurangi jam belajar seluruh siswa mulai SD hingga SMA hingga 40 menit. Dengan pengurangan ini, seluruh siswa diharapkan lebih khusuk dalam menunaikan ibadah puasa.

"Pengurangan jam belajar sudah kita sosialisasikan lewat kalender pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, Rabu (4/8). Menurut Harun, dalam kalender pendidikan, seluruh sekolah diminta mengurangi lima menit untuk setiap pelajaran dengan rata-rata tiap hari delapan pelajaran sehingga dalam sehari ada pengurangan 40 menit jam belajar.

Pengurangan ini tidak hanya berlaku bagi pelajar yang masuk pagi, tapi juga bagi pelajar yang masuk siang dimana jika biasanya pelajar siang pulang pukul 17.30 bisa pulang lebih awal , yakni pukul 16.50.

Selain mengurangi jam belajar, dinas pendidikan juga memerintahkan seluruh sekolah untuk mengurangi kegiatan olahraga. "Kalau bisa olahraga jangan yang berat-berat," tambahnya.

Selain pengurangan jam belajar, selama ramadhan pelajar juga akan diliburkan selama dua hari sebelum dan sesudah puasa, serta seminggu sebelum dan setelah lebaran

Sumber: tempointeraktif.com