Selain Siswa, Siapa Saja yang Bisa Memilih Kepala Sekolah?

17 Maret 2014 Berita Pendidikan


Setiap kepala sekolah yang sudah habis masa jabatannya, wajib dilaporkan dari pihak sekolah kepada Dinas Pendidikan (Disdik). Kemudian, Disdik juga melaporkan kepada wali kota untuk digantikan kepala sekolah yang baru.

"Yang melantik kepala sekolah wali kota, tapi Disdik harus menyampaikan kepada wali kota untuk segera menggantikan kepala sekolah yang baru," ujar Pengamat Pendidikan Fridolin Berek. Nah, ketika ada penggantian kepala sekolah yang baru, usulan tersebut juga dari sekolah. Artinya, usulan pihak sekolah melibatkan Forum Guru, Dewan Siswa, dan perwakilan orangtua siswa.

"Anak-anak juga punya hak untuk mengusulkan siapa yang menjadi kepala sekolah. Selain siswa, yang berhak untuk memilih kepala sekolah yaitu orangtua siswa, alumni. Jadi, ketika usulan tersebut sudah disampaikan kepada Disdik, Kepala Dinas (Kadis) menyampaikan kepada wali kota," ucapnya.

Dari usulan itulah, menjadi adanya kesepakatan kriteria. Kemudian, tiap sekolah menkadidatkan tiga nama calon kepala sekolah untuk ikut ujian seleksi calon kepala sekolah di Disdik, yaitu berupa tes ujian dan tahap-tahap tes lainnya.

"Setelah itu, diusulkan ke Disdik dan wali kota untuk melanjutkan tes lagi yaitu tes wawancara. Kemudian, ada juga tes di bidang kompetensi dan manajemen. Itulah yang menjadi bahan pertimbangan untuk lolos atau tidaknya menjadi kepala sekolah," ungkapnya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com)