Sekolah Tidak Gratis Lagi, Benarkah?

20 Januari 2017 Berita Pendidikan


Saat ini, sekolah setingkat SD dan SMP diperbolehkan memungut dana partisipasi orang tua. Padahal selama ini sekolah SD dan SMP digratiskan.

"SD-SMP untuk sementara memang tidak diperbolehkan ada pungutan apa pun bentuknya. Yang selama ini diperkenankan hanya pendidikan dasar di sekolah swasta. Khusus SMA/SMK untuk negeri dan swasta juga dibolehkan ada partisipasi orang tua. Tapi nanti masih menunggu peraturan menteri," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Muhaimin

Sudah ada Perda Pendidikan dari provinsi yang mengizinkan partisipasi orangtua. Namun masih perlu ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur (Pergub).

"Perda Pendidikan Provinsi hanya memasukkan dalam satu pasal bahwa kegiatan pendidikan itu boleh dengan partisipasi orang tua. Sehingga nanti ketentuannya seperti apa jumlahnya seperti apa, jumlahnya berapa serta cara memperolehnya bagaimana. Nanti akan dijabarkan semuanya dalam Pergub," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meninjau ulang kebijakan sekolah gratis. Kebijakan ini dinilai menghambat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lembaga pendidikan.

"Sekolah gratis bukan berarti mematikan partisipasi masyarakat," kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)