Berita Pendidikan
9 Februari 2011

Sekolah Tak Terakreditasi Tidak Melaksanakan UN 2011

MEDAN - Sekolah yang tidak terakreditasi ataupun yang telah habis masa akreditasinya, tidak dapat menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) di sekolahnya masing-masing. Akan tetapi harus menumpangkan siswanya di sekolah yang memiliki akreditasi.

Hal ini disampaikan mengingat sampa sekarang masih ada beberapa sekolah yang belum terakreditasi, karena terbatasnya kuota yang diberikan pemerintah. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sumut Drs. H. Syaiful Syafri MM melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Tinggi Disdiksu, Drs. Ilyas Sitorus kepada wartawan di ruang kerjanya Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 1-D Medan, Selasa 8/2).

Walaupun tidak merinci sekolah-sekolah yang belum terakreditasi tersebut, sehingga tidak dapat melaksanakan UN. Tapi khusus untuk SMA, MA maupun SMK tidak termasuk dalam kategori dimaksud. Tingkat SMA sederajat di Sumut umumnya telah terakreditasi minimal C (cukup), ucap Sitorus.

Dia juga meminta kepada siswa yang kebetulan belajar di sekolah yang belum terakreditasi tersebut untuk tetap mempersiapkan diri dengan baik. Dengan demikian dapat meluluskan pendidikan dengan baik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Sekolah/Madrasah

Disampaikan Ilyas Sitorus yang didampingi Wakil Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM), Drs. Muchlis Lubis, kepada sekolah yang belum mendapatkan akriditasi ataupun belum diakreditasi ulang, dapat segera mengajukan surat kepada Dinas Pendidikan Sumut, sehingga untuk tahun berikutnya dapat melaksanakan UN.

Dijelaskan Sitorus, ada delapan faktor yang harus dipenuhi sekolah untuk menentukan predikat akreditasi, yaitu isi, proses, kompetensi jurusan, sarana-prasarana, pendidikan dan tenaga kependidikan, pengelolaan, pembiayaan serta yang terakhir penilaian. Berdasarkan kedelapan komponen tersebut akan ditentukan tingkat kelayakan sekolah untuk menyandang status akreditasi A atau sangat baik, B untuk baik dan C untuk akreditasi cukup, jelasnya.

Diungkapkannya, peraturan tentang akreditasi itu tertuang dalam UU Nomor 20/2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sementara berdasarkan data di Sekretariat BAN-S/M Sumut, dari tahun 2005 sampai 2008, sangat sedikit jumlah satuan pendidikan tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs/SMA/MA, SMK/MAK dan SLB yang tidak terakreditasi. Walaupun begitu, pihak satuan pendidikan harus tetap memperhatikan akreditasi sehingga tetap dapat melaksanakan proses pendidikan secara baik dan lancar.

Dia juga menjelaskan bahwa, badan akreditasi akan mengadakan latihan asesor sesuai dengan pedoman yang ditetapkan BAN S/M, terutama terhadap hasil peringkat akreditasi melalui rapat pleno anggota BAP-S/M. Selanjutnya menyampaikan laporan tentang pelaksanaan program akreditasi serta rekomendasi mengenai tindak lanjut pelaksanaan kepada BAN-S/M, jelasnya dan mengatakan surat tersebut ditembuskan kepada gubernur.

Sumber: analisadaily.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris