Berita Pendidikan
10 Maret 2010

Sekolah Standar Nasional Rusak Parah

Sejumlah bangunan sekolah negeri di Kota Depok rusak berat. Ironisnya, bangunan SD yang rusak tersebut menimpa sekolah negeri yang berstandar nasional, seperti yang menimpa SD Negeri Mekarjaya 31, Sukmajaya.

Di enam ruangan SD yang memiliki 601 siswa tersebut, plafon, dan genteng sudah banyak yang berlubang. Kuda-kuda atap bangunan di enam ruangan tersebut juga sudah banyak yang keropos. Sementara jendela dan keramik lantai tiga ruang kelas 6, satu ruang kelas 4, satu ruang kelas 5, dan ruang komputer di sekolah tersebut sudah tidak ada. Dengan kondisi bangunan seperti itu, tentu saja dapat mengganggu kenyamanan belajar bahkan membahayakan nyawa ratusan siswa di SD tersebut. Setiap turun hujan keenam ruang kelas selalu basah oleh air, ungkap Kepala Sekolah SD Negeri Mekarjaya 31 Justus Marakey kemarin.

Justus mengungkapkan rusaknya bangunan sekolah yang dibangun tahun 1984 itu sudah terjadi sejak dua tahun terakhir. Kami sudah buat proposal ke atas (Dinas Pendidikan), tapi belum ada jawaban. Saat pertemuan dengan wali kota juga sudah disinggung (tentang kondisi bangunan SD,) tapi nggak ada respons, bebernya. Kondisi serupa juga terjadi di SDN Cipayung, Sukmajaya, Depok dan SD Negeri Sukmajaya 3, Depok. Di kedua SD yang berdampingan itu, seluruh ruangan di sekolah itu yang bocor. Akibatnya kegiatan belajar mengajar terganggu setiap kali hujan turun. Di sini setiap jam setengah lima, kalau mau hujan anak-anak dipulangkan lebih cepat. Karena kalau hujan bocor, ujar Kokom, guru kelas IV SDN Cipayung.

Menurut dia, pihaknya sudah berulang kali mengirimkan proposal untuk renovasi sekolah tersebut. Namun, belum juga ada tanggapan. Kami sampai bosan mengajukan proposal. Bahkan 10 tahun lalu Camat Sukmajaya sempat berkunjung melihat kondisi sekolah namun belum ada realisasinya, paparnya. Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Farah Mulyati mengatakan, pihaknya sudah mengajukan permintaan renovasi untuk SD Negeri Mekarjaya 31 ke Dinas Pendidikan Jawa Barat tahun ini. Sementara ini,untuk SD Negeri Cipayung dan SD Sukmajaya 3 belum dapat direnovasi karena kepemilikan tanahnya masih bermasalah, ujar Farah.

Di bagian lain, plafon SDN 09 Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur roboh di beberapa titik. Meski sudah diperbaiki beberapa waktu lalu namun plafon tersebut masih membahayakan pelajar yang ada di bawahnya. Menurut penjaga sekolah Yunus, perbaikan plafon sekolah tersebut belum maksimal. Dikhawatirkan kalau dibiarkan dapat membahayakan pelajar di bawahnya karena rawan roboh lagi. Perbaikan total sekolah tersebut sebenarnya sudah selesai Desember 2009 lalu.

Mulai Januari Maret memasuki masa perawatan gedung oleh pihak pemborong sehingga kalau ada keluhan akan dapat segera ditindak lanjuti. Kepala Sekolah SDN 09 Cipinang Cempedak, Rahel Sitohang menjelaskan pihaknya sudah memberitahukan masalah ini kepada pihak pengembang. Katanya besok (hari ini) mereka akan datang mengecek, ungkapnya. (a fajrihidayat/isfari hikmat)Sumber: Seputar-Indonesia.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris