Sekolah Rusak,siswa Belajar di Luar Kelas

4 September 2009 Berita Pendidikan


Pascagempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) yang mengguncang Tasikmalaya dan dirasakan hingga Kabupaten Cilacap, puluhan siswa SDN Sidamulya 03 Kecamatan Sidareja, Cilacap, terpaksa belajar di luar ruang kelas.

Kepala SDN Sidamulya 03 Agnes Rejeki mengatakan,kegiatan belajar-mengajar (KBM) dialihkan di luar kelas lantaran ruang kelas I dan II mengalami kerusakan akibat gempa pada Rabu (2/9) pukul 14.55 WIB tersebut. Menurut dia, sejumlah kerusakan pada ruang antara lain retakan pada dinding dan atap ambrol.

Siswa kelas I dan II hari ini terpaksa belajar di luar ruang kelas, ujar Agnes Rejeki. Selain itu, seluruh siswa SDN Gunungreja 02 Kecamatan Sidareja terpaksa dipulangkan lebih awal karena enam ruang kelasnya rusak akibat gempa.

Seluruh siswa sudah kami pulangkan lebih awal dan dipersilakan belajar di rumah masing-masing, kata Kepala SDN Gunungreja 02 Ratiman. Mulai Jumat (4/9) hari ini, proses belajar-mengajar dipindahkan ke MTs Nurul Amin karena bangunan SDN Gunungreja 02 tidak memungkinkan untuk digunakan.

Menurut dia,pada seluruh dinding ruang kelas banyak terdapat retakan, terutama pada bagian kelas yang dibangun tahun 1982 silam hingga kini belum direnovasi. Bahkan beberapa dinding pembatas antarruang kelas tampak terputus.

Kami telah berkoordinasi dengan pihak MTs untuk bisa menggunakan ruang kelas mereka pada sore hari agar kegiatan belajar-mengajar SDN Gunungreja 02 dapat tetap berjalan, ungkapnya. Menurut dia, hal itu mendapat respons positif dari pihak MTs Nurul Amin sehingga seluruh siswa SDN Gunungreja 02 yang berjumlah 189 anak akan belajar di madrasah tersebut mulai Jumat sore. (ant)

Sumber: Seputar-Indonesia.Com