Berita Pendidikan
21 Juli 2011

Sekolah Jual Buku, Wali Murid Berang

BANGKALAN - Larangan penjualan buku untuk siswa tingkat sekolah dasar tampaknya tidak dihiraukan oleh SDN Sabiyan, Kecamatan Kota, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Di sekolah itu, setiap siswa diwajibkan untuk membeli buku mata pelajaran.

Sri Hartatik (38), wali murid SDN Sabiyan, berang terhadap pihak sekolah. Pasalnya, beberapa paket buku mata pelajaran anaknya harus ditebus. Terlebih lagi, harga yang ditawarkan oleh pihak sekolah lebih mahal dibandingkan harga buku yang dijual di toko buku. "Ini sudah bisnis yang dikedepankan sebab harganya jauh lebih mahal dari toko buku," ujarnya, Rabu (20/7/2011).

Sri mengaku sangat keberatan dengan pembelian buku pelajaran dari sekolah. Pada tahun ajaran baru ini, anaknya yang duduk di SDN Sabiyan bertambah satu orang. Sebelumnya, tiga anaknya sudah duduk di kelas III, kelas IV, dan kelas V. "Uang yang harus saya keluarkan untuk setiap mata pelajaran mereka Rp 200.000. Tinggal kalikan saja jumlah mata pelajaran mereka," imbuhnya.

Sri menjelaskan, ia sudah menanyakan kepada pihak sekolah terkait dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk buku pelajaran. Namun, pihak sekolah hanya menjanjikan saja. "Tidak jelas sampai sekarang dan BOS itu. Kenyataannya buku buku paket yang dibutuhkan harus beli semua," katanya.

Lebih lanjut, Sri semakin merasa keberatan karena buku-buku itu harus diperbarui setiap akhir semester sehingga buku paket yang telah dipakai kakak kelas selama setahun lalu tidak cocok dan tidak digunakan lagi. "Hanya ada satu dua yang bisa dipakai oleh adik kelasnya," katanya.

Sementara itu, Prawito, guru kelas III SDN Sabiyan, saat dikonfirmasi, mengakui adanya penjualan buku di sekolahnya tersebut. Namum, tidak ada unsur paksaan bagi siswa untuk membelinya. "Kami tidak memaksa siswa untuk membelinya dan yang kami lakukan sudah berdasarkan persetujuan Dinas Pendidikan Bangkalan," ujarnya menerangkan.

Sumber: kompas.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris