Sekolah Diharapkan Sosialisasikan UN Ulangan

28 April 2010 Berita Pendidikan


Wakil Menteri Pendidikan Fasli Djalal meminta peserta Ujian Nasional 2010 tingkat SMA dan sederajat yang dinyatakan tidak lulus untuk tidak larut dalam bayang-bayang kegagalan. Lebih baik, mereka mempersiapkan diri untuk mampu menjawab soal di pelaksanaan UN Ulangan yang dijadwalkan berlangsung 10-14 Mei mendatang.

Permintaan Fasli Djalal itu disampaikan usai hadir dalam peresmian RS Pendidikan Unpad di Bandung, Senin kemarin. Menurut dia, para siswa yang tidak lulus UN itu harus mengikuti ujian ulangan.

Kalau memang mereka menyiapkan diri dengan baik, bisa melewati ujian ulangannya. Kalau tidak menyiapkan diri tentu bisa tidak lulus dan gagal di sini. Sekarang masih ada peluang tapi mesti menghadapinya dengan baik. Ujian ulangann ini sama krediblenya dengan ujian utama, tegasnya.

Dia menjelaskan, ujian susulan itu hanya berlaku bagi mata pelajaran yang dianggap jatuh nilainya. Pihak sekolah diharapkan menyosialisasikan kegiatan ujian ulangan itu. Sebelumnya, pihak sekolah dapat pula mendata siswanya yang akan mengikuti ujian tersebut.

Demikian pula, dinas-dinas pendidikan agar semua siswa yang dinyatakan gagal di wilayahnya dipastikan terdaftar sebagai peserta ujian ulangan. Fasli juga berharap agar pihak sekolah dapat pula memberikan program pemantapan kepada para siswanya menjelang pelaksanaan ujian tersebut. (dwi-45) Sumber: Suaramerdeka.Com