Berita Pendidikan
8 Februari 2010

Sekolah Diharapkan Budayakan Toga Lagi

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora Dra Ratnani Widowati berharap sekolah-sekolah membudayakan lagi penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk memberikan pengetahuan tentang kekayaan alam Indonesia yang bisa digunakan sebagai obat.
Toga ini sangat berguna untuk mengobati penyakit. Selain itu, di sekolah, Toga bisa menjadi media efektif sebagai media pembelajaran terhadap anak didik, ungkap Nani, sapaan akrab Ratnani, kemarin. Dia merasa prihatin karena saat ini tidak banyak sekolah yang membudayakan Toga, baik sebagai tanaman yang berguna bagi obat maupun sebagai media pembelajaran.

Saya tertegun sewaktu berkunjung ke TK Pembina mendampingi Ibu Bupati Ny RA Manik Hapsari. Saya melihat tanaman Toga di area sekolah yang terawat rapi meski tidak banyak. Nani menambahkan, berbagai Toga yang dulu biasa ditanam di sekolah adalah kencur, sirih, sambiloto, kumis kucing, dan bunga pukul delapan yang masing-masing memiliki manfaat.

Kumis kucing, misalnya, bisa dijadikan untuk mengobati infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, dan mengobati kencing batu. Sementara bunga pukul delapan, daun dan akarnya bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung atau tidak nafsu makan.

Banyak tanaman dan bunga-bunga di sekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat. Untuk itu, berbagai tanaman tersebut harus dibudayakan. Di sekolah, saya berharap agar menanam Toga ini dibudayakan lagi, pintanya. Terkait hal itu, pihaknya pun akan menyosialisasikan lagi pentingnya menanam Toga, tak terkecuali di sekolah. (ros-45) Sumber: Suaramerdeka.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris