Sekolah di Solo Diliburkan Sebab Abu Vulkanik Menebal

14 Februari 2014 Berita Pendidikan


Hujan abu dari Gunung Kelud rupanya sampai juga ke wilayah Solo, Jawa Tengah. Ruas-ruas jalan di Kota Solo sejak Jumat pagi tampak berwarna putih keabu-abuan karena terselimuti abu vulkanik. Warga yang beraktivitas pagi ini diimbau mengenakan masker.Akibat hujan abu vulkanik Gunung Kelud yang mengguyur Kota Solo dan sekitarnya, membuat Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo mengimbau sekolah untuk meliburkan para siswa.

"Tebalnya abu di jalan-jalan, dan kondisi yang masih tidak kondusif untuk belajar mengajar dan demi keselamatan para siswa, lebih baik berada di rumah," kata Rudi, -sapaan Wali kota Solo, saat dihubungi pagi ini. Hujan abu yang mengguyur Kota Solo sejak Jumat dini hari tadi membuat jalan jalan di Kota tertutup abu. Hal tersebut juga membuat Pemerintah Kota Solo berencana akan membagikan masker kepada warga.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyakit akibat kualitas udara yang buruk karena abu vulkanik. "Sedang lakukan koordinasi dengan dinas terkait, untuk pembagian masker kepada warga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan juga mengimbau para siswa untuk belajar di rumah terlebih dahulu. "Siswa belajar di rumah dulu hingga kondisi hujan abu berkurang," kata Ety Retwati, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Solo melalui telepon.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)