Sekolah Bersiap Sambut UN Ulangan

29 April 2010 Berita Pendidikan


WATES, KOMPAS.com Pascapengumuman hasil ujian nasional atau UN, sekolah-sekolah di Kulon Progo, DI Yogyakarta, kini mulai menyiapkan siswanya yang tidak lulus untuk mengikuti UN ulangan. Total ada 5.379 siswa SMA/MA/SMK yang harus mengikuti ujian tersebut. Di Kulon Progo tidak ada satu pun sekolah yang tingkat kelulusan siswanya mencapai 100 persen.

Kepala Sub Bagian Umum dan Perencanaan Dinas Pendidikan Kulon Progo Subardi menuturkan, persiapan menjelang UN ulangan dilakukan sendiri oleh tiap-tiap sekolah. Selain memberi pembekalan mata pelajaran yang harus diulang, sekolah juga diminta untuk memberi dukungan psikologis bagi siswa.

"Orangtua siswa juga diimbau untuk menyemangati putra-putrinya agar bisa lulus ujian ulangan. Kami juga sudah memanggil guru mata pelajaran yang diujikan dalam UN dan meminta mereka memberi dukungan kepada siswa. Yang jelas, kami ingin semua siswa lulus dalam ujian ulangan," katanya.

Menurut dia, sejumlah mata pelajaran menjadi penyebab kegagalan siswa dalam UN. Untuk pelajar SMK, misalnya, kebanyakan siswa tidak lulus dalam ujian Bahasa Inggris. Untuk siswa SMA, ujian seperti Fisika dan Bahasa Indonesia menjadi penyebab kegagalan.

Saat ini, Dinas Pendidikan Kulon Progo tengah menyiapkan teknis pelaksanaan UN ulangan. Mengingat keberadaan siswa yang terpisah di tiap-tiap sekolah, UN ulangan untuk SMA/MA dan SMK akan dipusatkan di sekolah tertentu.

sumber: kompas.com