Sekolah Batasi Ekstrakurikuler Siswa

1 Maret 2010 Berita Pendidikan


Sekolah mulai membatasi kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas tiga yang akan menempuh Ujian Nasional (UN) pada Maret 2010. Dengan demikian, siswa hanya fokus terhadap masalah akademis saja.

Siswa yang sudah duduk di bangku kelas tiga memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada sebelumnya. Mereka dituntut harus mendapat nilai sesuai standar kelulusan dan bisa masuk perguruan tinggi yang diinginkan. Hal ini disampaikan salah satu staf pengajar SMA Negeri 6, Jakarta Selatan, Husni, saat dijumpai Kompas.com di ruangan bimbingan konseling, Kamis (25/2/2010).

Namun, tidak sedikit siswa yang memohon tetap diizinkan dengan alasan jenuh terhadap kegiatan akademis menjelang UN dan memilih tetap ikut ekstrakurikuler sebagai salah satu metode refreshing. "Siswa kelas tiga memang dihimbau untuk tidak lagi terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kalau tetap berkeras terlibat, pihak sekolah terpaksa panggil orang tua," ujarnya.

Pihak sekolah menganggap orang tua harus tahu kegiatan si anak tersebut karena orang tua diharapkan dapat memberi pengertian juga. "Kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah harus dilakukan demi si anak juga." tegas Husni.

Penulis: C8-10/Editor: primus

Sumber: Kompas.Com