Sedih! Beberapa SMA di Kabupaten Malinau Kekurangan Ruang Belajar

25 November 2016 Berita Pendidikan


Jika banyak sekolah di berbagai ibukota memiliki berbagai fasilitas yang memadai serta ruang kelas yang banyak, hal tersebut terbalik dengan keadaan yang dialami beberapa sekolah khususnya jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Hingga saat ini, beberapa SMA tersebut masih kekurangan ruang belajar yang mengakibatkan murid-murid terpaksa melaksanakan proses KBM di tenda-tenda.

Melalui siaran pers Humas Pemerintah Kabupaten Malinau, Kepala Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malinau FX Brata Pujisusilo mengatakan sekolah yang belum memiliki cukup ruang belajar sementara mengunakan tenda sebagai tempat belajar mengajar.

Beberapa sekolah yang sekiranya masih kekurangan ruang belajar tersebut diantaranya SMAN 12 Long Pada di Kecamatan Sungai Tubu, SMAN 14 Data Dian di Kecamatan Kayan Hilir, SMAN 15 di Kecamatan Malinau Selatan Hilir dan SMAN 16 di Kecamatan Malinau Selatan Hulu.

Tak hanya itu, kondisi lain dialami oleh SMAN 11 Long Berang di Kecamatan Mentarang dan SMAN 10 Long Ampung di Kecamatan Kayan Selatan yang dinilai masih belum memadai dari segi bangunan sehingga bisa dikatakan tidak mendukung proses KBM di sana.

Kondisi lain menjelaskan bahwa SMAN Long Ampung baru memiliki tiga ruang belajar, tidak cukup digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar setelah murid-murid dibagi berdasarkan jurusan, sehingga sebagian kegiatan belajar harus dilakukan di tenda.

Saat ini, pemerintah kini tengah mengusahakan dengan mengajukan permohonan dana untuk pembangunan gedung SMA di Kabupaten Malinau ke Pemerintah Provinsi.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)