Sebentar Lagi Sumatera dan Kalimantan Punya Institut Teknologi

10 Oktober 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Pemerintah akan membangun dua institut teknologi di luar Jawa, masing-masing di Sumatera dan Kalimantan. "Satu di Sumatera dan satu di Kalimantan. (Kota) belum sampai (ditetapkan). Saya sudah tahu tempatnya tapi belum bisa disampaikan," kata Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis 6 Oktober 2011.

Alasan pembangunan institut baru itu, menurut Menteri Nuh, karena sampai saat ini baru terdapat dua institut teknologi sejak zaman kemerdekaan Indonesia, yaitu Institut Teknologi 10 November di Surabaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Padahal kebutuhan akan ilmuwan-ilmuwan dan insinyur bakal semakin besar. Rencana pembangunan institut di Kalimantan kemungkinan akan difokuskan untuk umum, termasuk bidang pangan.

Pembangunan institut diharapkan bisa dimulai sebelum 2014, sehingga pada tahun itu lembaga pendidikan tersebut bisa mulai beroperasi. "Jadi 2012 ini mulai preliminary (pendahuluan). Pembangunan awal sampai 2013, termasuk merekrut dosen dan seterusnya, dan tahun 2014 tahun ajaran baru," katanya.

Sumber: tempointeraktif.com