Sebanyak 1.235 Mahasiswa Menjalani Wisuda Ilegal

24 September 2015 Berita Pendidikan


Menjadi seorang sarjana dan lulus dari perguruan tinggi merupakan kebanggan tiap insan yang mengeyam pendidikan. Akan tetapi, bagaimana jika prosesi wisuda para mahasiswa dianggap ilegal?

Wisuda yang harusnya menjadi upacara simbolis di mana mahasiswa telah dinyatakan selesai menempuh kuliah, beda halnya dengan acara wisuda yang berlangsung di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Pondok Labu, Ciputat, Sabtu (19/9) .

Sebanyak 1.235 orang yang merupakan gabungan dari 3 kampus yakni, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika Ciputat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Suluh Bangsa Ciputat, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tangerang Raya, Ciputat telah melangsungkan wisuda yang dianggap ilegal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti) dan pihak Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (kopertis) wilayah III yang menganggap wisuda tersebut adalah ilegal.

Para mahasiswa tersebut dinyatakan tidak sah dalam hal penyelenggaraan wisuda dikarenakan tak didaftarkan ke kopertis yang berarti juga tidak sepengetahuan Kementerian Ristek Dikti. Padahal, hal itu wajib dilakukan untuk memperoleh nomor ijazah bagi calon wisudawan.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)