SDN 40 Sungai Raya Jadi Sekolah Sehat Percontohan

9 Januari 2012 Berita Pendidikan


SUNGAI RAYA - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjadikan SD Negeri 40 Kecamatan Sungai Raya sebagai sekolah sehat percontohan.

"Dari hasil kunjungan ke SDN 40 Sungai Raya yang berada di Jalan Merdeka II Desa Limbung Kubu Raya, kita meninjau ruangan kelas dan melihat kondisi fisik bangunan dan ruangan serta taman yang ditanami para siswa SD tersebut," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Minggu (8/1/2012).

Ia melanjutkan, selain mengecek ruangan kelas, juga melihat kondisi tiga kamar kecil yang berada di sekolah tersebut. Menurut Bupati Muda Mahendrawan, beberapa ruang kelas dan kamar kecil yang dikunjunginya tampak bersih dan bebas dari sampah.

Muda berharap sekolah yang ada di Kubu Raya dapat mencontoh SDN 40, karena muridnya tidak hanya sekedar menerima pelajaran namun guru juga menanamkan hidup bersih di lingkungan sekolah.

"Saya bangga melihat kondisi sekolah ini dan yang pertama dilihat adalah kamar kecil karena dengan menunjukkan bersih menanamkan karakter kepada anak-anak untuk hidup bersih," kata Muda.

Menurut Muda, kebersihan suatu sekolah satu diantaranya dapat dilihat dari lingkungan serta kondisi kamar kecil.

"Apabila tidak diurus kamar kecilnya secara baik maka siswa akan terbiasa dengan lingkungan kotor. Supaya bertanggung jawab salah satunya bentuk secara tidak langsung menanakan budaya bersih dan sehat dengan mulai menanamkan kondisi ruangan bersih kepada siswa," katanya.

Sementara Kepala Sekolah SDN 40 Sungai Raya, Dwi Astuti mengatakan dalam menerapkan lingkungan dan sekolah sehat setiap harinya siswa diajarkan untuk melaksanakan piket kebersihan dan menyiram kamar kecil setelah digunakan.

"Setiap hari kita minta guru piket membersihkan dan mengajarkan anak-anak setiap buang air kecil untuk membiasakan disiram. Sehingga murid-murid terbiasa untuk hidup bersih," katanya.

Sumber: kompas.com