SBY: Kib II Taruh Perhatian pada Perlindungan Anak

23 Juli 2010 Berita Pendidikan


Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri peringatan Hari Anak Nasional sekaligus pencanangan Gerakan Indonesia Sayang Anak di Sasana Langgeng Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (23/7

Menurut SBY, peringatan Hari Anak Nasional mengingatkan pada tiga hal. Pertama, perlindungan kepada anak. Kedua, pendidikan anak dan ketiga, yang tidak kalah pentingnya, kasih sayang kepada anak.

"Melindungi anak, memberikan perlindungan kepada anak, berarti kita menjaga atau melindungi mereka dari berbagai bentuk kejahatan," ujar SBY.

Bentuk kejahatan itu antara lain, kekerasan, eksploitasi, diskriminasi, penelantaran, sanksi hukuman yang tidak adil dan tidak tepat buat anak-anak. Ia juga mengiinginkan anak-anak harus dilindungi dari pergaulan yang sesat dan melindungi mereka dari perilaku yang buruk.

"Itu semua sesungguhnya merupakan bagian dari child protections. Dan juga hakikatnya child security. Perlindungan hakiki pada anak-anak kita," jelas SBY.

Menurutnya, pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II menaruh porsi cukup bagi perlindungan anak sehingga Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan, diubah fungsi menjadi Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Dengan harapan, itu Menneg PP dan Perlindungan Anak bisa lebih efektif lagi dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk memberdayakan perempuan dan memberikan perlindungan kepada anak secara menyeluruh," kata SBY.[ald]

Sumber: kesehatan.kompas.com