SBMPTN 2015: Pendaftaran SBMPTN Lokal di Surabaya Tembus 47 Ribu Peserta

3 Juni 2015 Berita Pendidikan


Setelah pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 telah resmi ditutup, jumlah pendaftar SBMPTN Lokal Surabaya sendiri diperkirakan terdata sebanyak 47.970 orang atau meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 44.854 orang.

Ketua Panitia SBMPTN Lokal 50 Surabaya Dr Yuni Sri Rahayu MSi dalam konferensi pers di Sekretariat Panlok 50/Surabaya, Gedung PPG Unesa di Surabaya, mengatakan bahwa secara nasional pendaftar SBMPTN memang menurun, tapi di lokal Surabaya justru meningkat.

Kemarin sempat ada pengumuman bahwa pendaftaran SBMPTN kali ini dilakukan perpanjangan waktu dikarenakan banyak pendaftar yang sudah membayar tapi belum melakukan finalisasi data.

Peningkatan jumlah pendaftar kali ini meliputi enam PTN seperti Unair, ITS, Unesa, UINSA, Unijoyo, UPN Jatim.

"Secara umum, peningkatan pendaftar mencapai 10 persen. Dari 47.970 pendaftar itu tercatat kategori saintek (sains dan teknologi) paling banyak, yakni 20.851 pendaftar, lalu kategori soshum (sosial dan humaniora) sebanyak 20.400 pendaftar, dan campuran 6.719 pendaftar," katanya.

Koordinator Humas SBMPTN Lokal 50 Surabaya Dr Suyatno MPd mengatakan hingga pendaftaran ditutup masih tercatat 101 peserta SBMPTN 2015 yang fotonya masih bermasalah. Beberapa masalah seperti tidak tampak wajahnya, foto masa kecil, selfie dan masalah lain yang dapat menyebabkan peserta akan didiskualifikasi.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)