Satu SMA di Provinsi Jawa Tengah Belum Siap Unbk

6 November 2017 Berita Pendidikan


Persiapan perangkat untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah dipersiapkan. Rencana pelaksanaan unas dilaksanakan sekitar April mendatang. Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Zaenuri menerangkan, sekolah mulai persiapan sejak dini. Dijadwalkan simulasi UNBK Senin 13 November mendatang. Siswa mulai dilatih soal-soal ujian. Sekolah sibuk persiapan sarpras dari ketersediaan komputer hingga jaringan.

Zaenuri menambahkan, pelaksanaan UNBK tahun ajaran 2017/2018 ada 16 SMA negeri dan swasta. Hanya, satu sekolah yaitu SMA Islam Sudirman yang belum siap. Sekolah tersebut akan mengikuti ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Alasannya, pengadaan perangkat komputer terkendala pembiayaan. Tapi, diupayakan ujian tahun berikutnya menggunakan basis komputer. Untuk tahun ini, 16 SMA negeri dan swasta menggunakan UNBK dari 17 sekolah.

SMA PGRI Mejobo yang tahun lalu masih manual, unas 2018 menggunakan UNBK. Bertahap sesuai kemampuan sekolah. Namun, ke depannya bisa dipastikan seluruh SMA di Kudus menggunakan basis komputer.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kudus Noor Badi melalui Kasi Pendidikan Madrasah Suudi mengatakan, unas 2018 madrasah siap melaksanaan UNBK. Diperkirakan seluruhnya menggunakan basis komputer. Ada 35 MA negeri dan swasta siap UNBK, baik dilaksanakan mandiri maupun gabung dengan madrasah lainnya. Paling penting kesiapan mental siswa dan latihan-latihan yang sebelumnya masih manual dibiasakan menggunakan komputer.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)