Sambut Hari Buku Nasional, Mendikbud Ingatkan Para Siswa untuk Gemar Membaca

17 Mei 2016 Berita Pendidikan


Bertepatan dengan tanggal 17 Mei 2016, para pecinta sastra dan masyarakat Indonesia memeriahkan Hari Buku Nasional 2016. Meski bukan peringatan yang besar, Hari Buku Nasional adalah suatu momen yang pas apalagi jika bicara soal minat membaca serta perkembangan buku di Indonesia.

Menganggapi hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengingatkan para siswa untuk gemar membaca dengan tidak melewatkan hari tanpa membaca dan menulis.

Anies saat berkunjung ke SMP 1 Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa murid-murid sekolah harus membuat target mingguan dalam membaca buku. Tak hanya membaca, murid-murid juga harus memiliki target berapa buku yang akan mereka tuangkan ke dalam bentuk tulisan.

Tak hanya itu, Anies juga mengingatkan bahwa untuk menjadi generasi muda yang cermerlang itu harus banyak membaca dan menulis, serta membiasakan kegiatan keduanya dalam keseharian. Setelah itu, ia juga mengatakan bahwa untuk membaca dan menulis, tidak hanya gemar saja, melainkan kebiasaan. Anies turut berpesan kepada siswa agar lebih sering mengunjungi perpustakaan mencari buku untuk literatur.

Jadi tidak hanya belajar di dalam kelas, murid-murid juga bisa belajar di luar seperti bermasyarakat dan juga bersosialisasi.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)