Berita Pendidikan
28 Oktober 2009

Samarinda Hampir Bebas Buta Huruf

Sudah menjadi kewajiban bagi kalangan pelajar dan mahasiswa untuk gemar membaca, atau bahkan haus bacaan. Pasalnya, jenjang pendidikan yang mereka tempuh memerlukan banyaknya input informasi dan wawasan dari beragam buku dan bahan bacaan informatif lainnya.
Beruntungnya, semangat untuk gemar membaca nampaknya juga akan tersebar ke hampir seluruh kalangan masyarakat di Kaltim. Karena survei membuktikan bahwa hampir seluruh penduduk Kaltim bebas dari buta huruf alias bisa membaca.

Khusus untuk angka bebas buta huruf, baik untuk mereka yang bersekolah maupun yang tidak, mencapai lebih dari 96 persen untuk Kaltim. Sedangkan untuk Samarinda sendiri, mencapai lebih dari 97 persen, tutur Drs Johny Anwar, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim saat berbicara mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berkaitan erat dengan pesatnya bidang pendidikan di Indonesia.

Dijelaskannya, untuk mengukur IPM sebuah wilayah, ada tiga komponen yang digunakan. Yaitu usia harapan hidup yang terkait dengan seberapa panjang umur rata-rata dan seberapa lama hidup dengan kondisi sehat dijalani. Lalu tingkat pendidikan dengan menggunakan tingkat melek huruf dan rata-rata lamanya pendidikan formal dijalankan. Serta kualitas hidup manusia yang diukur melalui (Purchasing Power Parity) atau paritas daya beli, yakni besarnya belanja dan pengeluaran perkapita.

Secara tidak langsung, kabar gembira ini juga terpengaruh dengan usia pendidikan rata-rata yang dijalani oleh masyarakat Samarinda yang mencapai lebih dari 9 tahun. Ini berarti bahwa masyarakat Samarinda menyelesaikan pendidikannya hingga bangku SMP, yang menjadi standar pendidikan Indonesia.

Secara umum, angka bebas buta huruf bisa dijadikan patokan untuk sosialisasi gemar membaca yang juga menjadi rangkaian dari penilaian kualitas sumber daya manusia, tukasnya. (lee)

Sumber: sapos.co.id

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris