Saatnya Indonesia Punya "Children Museum"

8 Desember 2009 Berita Pendidikan


Untuk menarik kunjungan pelajar, beberapa pengelola musium nasional di beberapa negara sedang berencana membuat children museum, sayangnya Indonesia belum sejauh itu.

Jepang misalnya, sudah mengarah ke rencana tersebut. Sementara itu, China bahkan telah merenovasi musium nasionalnya untuk memberi space tersendiri bagi pendirian children museum tersebut.

Demikian hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Bimbingan dan Publikasi Musium Nasional Indonesia Dedah Rufaedah Sri Handari, ditemui di sela Lomba Melukis Siswa SD: Mencintai Alat Musik Tradisional Indonesia, di Musium Nasional, Jakarta, Minggu (6/12).

Dedah mengatakan, saat ini, Musium Nasional baru memiliki Kids Corner yang dibangun sejak 2005 silam di salah satu sudut bangunan musium bersejarah tersebut. Di tempat itulah pengelola Musium Nasional memberikan ruang apresiasi bagi karya-karya siswa SD, SMP atau SMA yang berprestasi untuk dipamerkan, seperti karya dari tiga pemenang lomba lukis tingkat SD ini.

Adapun pemenang lomba antara lain juara pertama diraih oleh Bea Hendrata dari SD Sang Timur Jakarta, juara kedua Hyacinthia Kesuma dari SD Stella Maris Jakarta, serta juara ketiga Adhiningdyah dari SD Islam Al Fajar.

"Tahun ini kunjungan ke Musium Nasional mencapai 127.000 dan masih perlu ditingkatkan lagi," ujar Dedah

LTF/Editor: latief

Sumber: Kompas.Com