Rumah Multi Fungsi Layani Pendidikan dan Kesehatan

14 Oktober 2010 Berita Pendidikan


Untuk menunjang kegiatan PKK, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bersama warga mendirikan rumah multifungsi PKK. Dengan adanya rumah multifungsi diharapkan dapat memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan KB kepada warga yang membutuhkan.

Rencananya setiap kecamatan di Jakarta Selatan memiliki satu rumah multifungsi PKK. Sejauh ini, rumah multifungsi PKK baru berada di wilayah Jakarta Selatan saja. "Rumah multifungsi ini memang sangat menunjang program PKK dalam melayani masyarakat," kata Sri Hartati Fauzi Bowo, Ketua TP PKK DKI Jakarta, Rabu (13/10).

Peran PKK, tambah wanita yang kerap disapa Tatiek ini, sejauh ini sangat membantu pemerintah dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Ini memang sangat diperlukan agar tewujud Jakarta yang sejahtera, maju, dan mandiri. Dengan begitu visi Jakarta akan mudah dicapai jika semua pemangku kepentingan melakukan pemberdayaan dalam mengembangkan potensi masyarakat.

Tatiek menambahkan saat ini juga sedang dikembangkan forum pemberdayaan keluarga di tingkat RW. "Karena hal-hal positif memang perlu ditularkan kepada yang lainnya, agar semua wilayah berkembang secara bersamaan," ujarnya.

Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, mengharapkan rumah multifungsi PKK yang ada di Jakarta Selatan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga. Karena pembangunannya bukan merupakan swadaya dari masyarakat dan bukan non APBD. "Diharapkan rumah multifungsi ini dapat menjadi tempat konsultasi keluarga bagi warga sekitar," kata Syahrul.

Syahrul menambahkan, hingga saat ini di Jakarta Selatan sudah memiliki dua rumah multifungsi yang telah diresmikan, serta empat lainnya masih dalam tahap pembangunan. Dua rumah multifungsi PKK yang telah diresmikan berada di Kelurahan Gandariaselatan, Kecamatan Cilandak, seluas 141 meter persegi dan di Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoranbaru, seluas 152 meter persegi.

Sementara empat rumah multifungsi yang masih dalam tahap pembangunan yakni di Kelurahan Mampangprapatan, Kecamatan Mampangprapatan, seluas 150 meter persegi, Kelurahan Kebonbaru, Kecamatan Tebet, seluas 170 meter persegi, Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasarminggu, seluas 120 meter persegi, dan Kelurahan Kebayoranlama Selatan, Kecamatan Kebayoranlama seluas 100 meter persegi.

"Dengan adanya rumah multifungsi PKK ini juga dapat meningkatkan RW kumuh menjadi sedang. Karena berbagai pemberdayaan keluarga langsung tertuju kepada masyarakat sekitar terutama kesehatan dan kebersihan lingkungan," tandasnya.

Sumber: beritajakarta.com