Rolling Kepala Sekolah Dimulai

2 September 2009 Berita Pendidikan


Para kepsek yang akan menempati posisi baru itu terdiri dari 126 kepala SD dan 16 kepala SMPN. Dari total 142 kepsek yang ditempatkan di pos baru itu tidak semuanya baru. Ada 10 kepala SD baru yang sebelumnya adalah guru kelas dan enam kepala SMP baru. Kepsek fresh itu merupakan para guru yang lolos dalam seleksi yang diadakan Dindik beberapa waktu lalu.

Kabid Ketenagaan Dindik Surabaya, Yusuf Masruh, Selasa (1/9), menyatakan, meski telah dilantik para kepala sekolah yang baru ditempatkan itu belum bisa menjalankan fungsi dan tugasnya. Nanti setelah ada sertijab mereka baru benar-benar resmi bertugas di sekolah, sertijab menurut rencana akan dilakukan serentak pada 10 September mendatang, ujar Yusuf.

Berdasarkan data bidang ketenagaan Dindik Surabaya, tercatat ada 40 kepala SD yang memasuki masa pensiun tahun ini. Untuk kepsek yang memilih menjadi pengawas sekolah ada tujuh orang di jenjang SD dan seorang di jenjang SMP. Sisanya adalah posisi yang kosong karena kepseknya harus kembali menjadi guru.

Pengisi kursi kepsek yang kosong adalah para kepsek baru dan kepsek yang non job karena faktor merger sekolah. Dari proses merger atau penggabungan sekolah SD yang dijalankan Dindik Surabaya ada 80 SD yang digabung menjadi 33 SD. Ini berarti ada 47 kepsek non job yang akhirnya diberi posisi baru dalam mutasi kali ini.

Penempatan kepsek baru ini sekaligus mutasi dan perputaran, bukan semata-mata mengisi posisi yang kosong. Jadi ada juga kepsek yang ditempatkan di sekolah lain karena memang murni faktor mutasi, terang Yusuf.

Terpisah, Kadindik Surabaya, Sahudi, menjelaskan, para kepsek yang baru dilantik itu menempati posisi yang ditinggalkan kepsek terdahulu yang pensiun, berubah status jadi pengawas, karena faktor sekolah merger, dan ada beberapa yang kembali menjadi guru. Selain itu banyak juga kepsek menempati posisi yang sama di sekolah lain karena faktor mutasi.

Sahudi menjelaskan jika para kepala sekolah dari SD yang digabung dalam proses merger telah diberi posisi baru di sekolah lain yang penempatannya diatur bersama dalam proses mutasi kepsek. Kepsek dari sekolah yang digabung telah ditempatkan di sekolah-sekolah yang levelnya sama dengan sekolah yang dipimpin sebelumnya, ujar Sahudi.

Sedangkan kepsek baru yang mendapat posisi adalah mereka yang telah dinyatakan lulus dalam tes kelayakan dan kepatutan dalam seleksi yang dijalankan Dindik.

sumber: dutamasyarakat.com