Ribuan Peserta Mengikuti OSN 2015

21 Mei 2015 Berita Pendidikan


Para pelajar dari jenjang SD, SMP dan SMA dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015. Mereka yang terpilih adalah pelajar yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provonsi dan merupakan siswa siswi terbaik yang mewakili provinsi masing-masing dalam bidang sains.

Pada tahun 2015 ini peserta yang akan mengikuti kompetisi sebanyak 2.562 orang dalam 24 bidang yang berbeda. Jenjang sekolah dasar melombakan bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam. Sementara jenjang sekolah menengah pertama mempertandingkan matematika dan ilmu pengetahuan sosial. Selain itu, ada pula lomba yang diperuntukkan untuk siswa berkebutuhan khusus.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap dengan diadakannya OSN akan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap bidang iptek. Dengan OSN juga diharapkan dapat memberikan stimulus terhadap pelajar di daerah.

Sementara itu Kemendikbud juga mendorong pemerintah daerah untuk lebih serius dalam menyelenggarakan kompetisi sains dan teknologi di tingkat nasional. Sinergi dengan pemda telah dilakukan pada proses seleksi berjenjang bagi peserta OSN. Proses ini dimulai lingkup sekolah, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

OSN sendiri sebenarnya telah mulai dilaksanakan dari tahun 2002 di Yogyakarta. Setiap tahun penyelenggaran OSN diadakan di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

(Dikutip dari berbagai sumber)