Ribuan Guru Agama Mendapatkan Bantuan Insentif

16 Juli 2014 Berita Pendidikan


Sebanyak 10.000 guru agama diantaranya guru TPA, TPQ, DTA, RA, MI, MDA, dan MTs, mendapatkan bantuan keuangan berupa insentif untuk guru agama non PNS. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Bagian Kesra Setda, Penyerahan dipusatkan di kantor Kecamatan Karawang Timur. Ketua pembagian insentif wilayah 1 Kecamatan Karawang Timur, Andi mengatakan, bantuan insentif merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada para guru agama yang telah berjasa meningkatkan ilmu keagamaan kepada seluruuh masyarakat.

"Bantuan keuangan ini langsung diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru agama yang ada di Kabupaten Karawang, yang selama ini telah berjasa di bidang keagamaan dan juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) selaku pendidik guru dalam mencerdaskan ilmu agama kepada masyarakat.

Total bantuan insentif dengan nilai mencapai sebesar Rp12 miliar tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Karawang. Dana tersebut akan diberikan kepada 10.000 orang yang terdiri dari guru agama atau guru ngaji sebanyak 5.500 orang, guru TPA/TPQ sebanyak 1.500 orang, , Guru DTA sebanyak 1.500 orang, guru MI sebanyak 750 orang, guru MTs sebanyak 400 orang, dan guru RA sebanyak 350. "Seperti di Kecamatan Karawang Timur dan Teluk Jambe Timur, dana intensif bagi 800 guru ngaji itu mulai hari ini akan dibagikan.

Total masing-masing guru menerima dana alokasi sebesar Rp1,2 juta. Dana itu mereka terima setiap satu tahun sekali. Dengan demikian, masing-masing guru ngaji akan mendapatkan Rp1.200.000 per orang. Sedangkan untuk distribusinya kami bekerjasama dengan BJB untuk penarikan pencairan," jelasnya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari jpnn.com)