Reshuffle Kabinet, Mendikbud Diganti

31 Juli 2016 Berita Pendidikan


Rabu pagi, 27 Juli 2016, Presiden RI Joko Widodo secara resmi mengumumkan sejumlah menteri yang terkena reshuffle cabinet. Dan yang paling mengejutkan masyarakat, khususnya dunia pendidikan, adalah Anies Baswedan berada dalam daftar menteri yang terkena reshuffle.

Posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan diserahkan kepada Muhadjir Effendy. Sosok Anies Baswedan dikenal sangat memahami dunia pendidikan. Itulah yang diakui sebagian besar pelaku pendidikan, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka.

Muhadjir mengatakan sosok Anies tidak asing baginya. Ia mengaku sebagai pengagum kakek Anies, Abdurrahman Baswedan. Bahkan, dia dan Anies memiliki latar belakang sebagai aktivis yang sama meski usia dirinya lebih tua.

Muhadjir Effendy menuturkan ia hanya menjalankan visi dan misi dari Presiden Jokowi. Ada dua tugas utama yang diberikan, yakni mempertajam pendidikan vokasi dan melaksanakan kartu Indonesia pintar (KIP).

"Mas Anies sudah membuat fondasinya. Saya nanti melanjutkan," katanya. "Apa yang telah dilakukan Pak Anies akan jadi tonggak sejarah yang tak ternilai dan amal shaleh. Dan ini menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir walau sudah meninggal dunia,"

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)